Fakta unik. mengapa kalimantan disebut Borneo.

kalimantan adalah pulau ke-3 terbesar di dunia, pulau ini terkenla dengan hutan tropisnya yang luas dan tebal, hampir semua penduduk indonesia mengenal pulau ini, hanya saja oleh masyarakat internasional pulai ini juga di kenal dengan sebutan Borneo, lalu dari manakah asal muasal kata kalimantan dan Borneo ini?

Baca juga: Fakta Unik kecoa

Dilangsir dari Havoc Weird, nama Borneo tersebut berasal dari nama Brunei, menurut catatan dari seorang utusan kerajaan Tiongkok  pada Abad ke-8 hingga ke-9, kalimantan di kenal sebagai Po-Po-Li,Po-Ni atau Bun-Lai . jelas sekali terdapat kemiripan dari kata Bun-lai dan Brunei senhingga besar kemungkinan nama ini sudah di gunakan sejak masa itu.


Tetapi terdapat pendapat lain bahwa nama borneo berasal dari nama salah satu pohon yang banyak tumbuh di daerah tersebut pada abad ke-15, pohon ini bernama Borneol atau pada nama latinya dikenal sebagai pohon Dryobalanops Champhora, pemberian anma Borneo ini berasal dari bangsa Eropa yang pada saat itu banyak menemukan pohon tersebut di wilayah kalimantan.

Lanjut Baca: Merdeka.com
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Fakta unik. mengapa kalimantan disebut Borneo."

 
Copyright © 2015 Berita-in - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top